Visi dan Misi Kabupaten Nias Utara

  
VISI :

"TERWUJUDNYA NIAS UTARA YANG MAJU, BERDAYA SAING, BERIMAN DAN BERBUDAYA"
Makna yang terkandung dalam visi tersebut adalah sebagai berikut :
Kabupaten Nias Utara :
Meliputi seluruh wilayah administrasi dan masyarakat Kabupaten Nias Utara yang terbentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor 45 Tahun 2008.

Maju :
Menunjukkan adanya kemajuan pencapaian ke tingkat yang lebih baik dari sebelumnya, terutama dicirikan oleh semakin meningkatnya kualitas manusia melalui pendidikan dan meningkatnya kualitas pelayanan publik, meningkatnya daya beli masyarakat, serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat yang tercermin dari meningkatnya pemenuhan kebutuhan perumahan secara layak, meningkatnya akses masyarakat terhadap kesehatan, dan tersedianya infrastruktur yang memadai. Disamping itu, kemajuan juga ditandai dengan semakin mantapnya sistem dan kelembangaan politik serta hukum, tingginya partisipasi masyarakat termasuk pengaruh utama gender dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, keamanan dan ketertiban. Pada akhirnya kemajuan bermuara pada kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Berdaya Saing :
Bermakna bahwa Kabupaten Nias Utara mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif secara regional dan nasional yang ditandai oleh tingginya produktivitas sumber daya manusia, berkembangnya industri (rumah tangga), tersedianya infrakstuktur sosial ekonomi yang lengkap, terwujudnya tata pemerintahan yang profesional; serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya inovasi-inovasi baru.

Beriman :
Bermakna meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai keagamaan, membangun kerukunan hidup umat beragama serta meningkatkan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan umat beragama.

Berbudaya :
Bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai budaya positif dalam kehidupan bermasyarakat serta merencanakan dan melakukan pembangunan tanpa melupakan budaya dan kearifan lokal.
 
MISI :

1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.
2.
Membangun Kemandirian Ekonomi yang Berbasis pada Pertanian, Kelautan dan Perikanan,
    Pariwisata serta Pengelolaan Potensi Sumber Daya Alam.
3. Membangun infrastruktur, penataan wilayah serta pemanfaatan ruang yang berkualitas dan
    berwawasan lingkungan.
4.
Membangun Manajemen Pemerintahan yang Profesional, Bersih dan yang Berbasis pada
    pelayanan masyarakat serta meningkatkan kualitas kemitraan dengan Legislatif.
5.
Meningkatkan Kualitas kehidupan Sosial Kemasyarakatan yang Taat Hukum, Beriman dan
    Berbudaya.
Penjelasan misi dimaksud adalah sebagai berikut :
Misi 1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.
Misi ini merupakan upaya dalam membangun sumber daya manusia yang cerdas dan sehat yang pada gilirannya juga akan menjadi manusia yang produktif dan kreatif yang dilandasi akhlak mulia sebagai faktor kunci dalam memberhasilkan misi lainnya. Dalam misi ini sekaligus memberi perhatian pada kesetaraan Gender, Peran Pemuda, Prestasi Olahraga, serta terpeliharanya seni dan warisan budaya.

Misi 2. Membangun Kemandirian Ekonomi yang Berbasis pada Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata serta Pengelolaan Potensi Sumber Daya Alam.
Misi ini merupakan upaya pencapaian tujuan pembangunan dalam menciptakan kesejahteraan dibidang ekonomi yang dicapai melalui pertumbuhan dan pemerataan ekonomi yang berkelanjutan serta meningkatkan kemandirian yang berlandaskan persaingan sehat serta memperhatikan nilai-nilai keadilan, kepentingan sosial dan berwawasan lingkungan dan berbasis pada potensi pertanian, kelautan perikanan, pariwisata serta sumber daya alam lainnya. Dalam misi ini akan memberikan perhatian pada peningkatkan kesempatan kerja dan perlindungan tenaga kerja, penciptaan iklim usaha yang kondusif, pemberdayaan koperasi dan UMKM yang berdaya saing dan bekelanjutan. Untuk membantu menggerakkan perekonomian daerah, kita perlu bekerja sama dengan Investor yang sungguh-sungguh memberi perhatian kepada Kabupaten Nias Utara, serta menghindari investor yang hanya memberi janji-janji belaka.

Misi 3. Membangun infrastruktur, penataan wilayah serta pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.
Misi ini merupakan upaya dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana wilayah yang berkualitas, terutama jalan dan jembatan guna mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat. Misi ini juga dimaksudkan untuk menciptakan kenyamanan bagi seluruh warga Kabupaten Nias Utara melalui pembangunan infrastruktur yang memperhatikan daya tampung dan daya dukung lingkungan, serta perhatian terhadap pengurangan resiko bencana. Dalam hal ini juga diberi perhatian tentang penataan wilayah, pemanfaatan ruang dengan baik dan berwawasan lingkungan.

Misi 4. Membangun Manajemen Pemerintahan yang Profesional, Bersih dan yang Berbasis pada pelayanan masyarakat serta meningkatkan kualitas kemitraan dengan Legislatif.
Misi ini merupakan upaya Pemerintah Daerah menghadirkan pelayanan birokrasi pemerintah yang prima, menjalankan fungsi birokrasi sebagai pelayan masyarakat yang didukung dengan kompetensi aparat yang profesional dan system modern berbasis IPTEK menuju tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Government). Dalam misi ini birokrasi sebagai salah satu aktor penting dalam pembangunan harus mampu dan dapat dipercaya, sehingga pada gilirannya dapat menjalankan kewajibannya dalam melayani masyarakat secara prima. Tiga pilar kepemerintahan yang baik yaitu pemerintah bersama DPRD, masyarakat, dan swasta memiliki peran yang sama dan harus berkolaborasi dalam melaksanakan aktivitas pembangunan. Dalam hal ini, turut diberi perhatian mengenai penataan ruang wilayah, penataan organisasi Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta penempatan personil sesuai prinsip "The Right Man On The Right Place". Guna memperkuat pemerintahan dan otonomi daerah juga akan diupayakan peningkatan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi.

Misi 5. Meningkatkan Kualitas kehidupan Sosial Kemasyarakatan yang Taat Hukum, Beriman dan Berbudaya.
Misi ini merupakan upaya untuk mewujudkan lingkungan sosial yang aman, damai, dan tertib sehingga kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan akhir pembangunan dapat tercapai. Perbedaan pemahaman terhadap keragaman agama dan budaya; perbedaan kondisi sosial-ekonomi; masalah kemiskinan dan kepadatan penduduk; berbagai permasalahan sosial lain seperti merebaknya peredaran miras dan narkoba, prostitusi, dan perjudian serta kecenderungan meningkatnya kriminalitas, merupakan faktor-faktor potensial untuk timbulnya gangguan ketertiban, keamanan dan ketentraman dalam masyarakat.

Daftar Permohonan

Permohonan Diterbitkan

Permohonan Belum Diambil

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan website DPMPPTSP ini?

  • Bagus – 3 Votes
    100%
  • Sedang – 0 Votes
    0%
  • Kurang Bagus – 0 Votes
    0%
Total votes: 3

Survey 1

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

  Lihat Hasil