Bidang Kelautan dan Perikanan

Ditulis oleh Admin
🕔  April 25, 2018


PELUANG INVESTASI DI BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN
 
Wilayah Kabupaten Nias Utara dikelilingi oleh lautan yang sangat mendukung kegiatan perikanan di Kabupaten Nias Utara. Kegiatan perikanan di Kabupatan Nias Utara merupakan salah satu andalan sebagai motor penggerak sektor pertanian. Ada dua kegiatan utama pada bidang perikanan, yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap.
Kegiatan budidaya ikan adalah usaha perikanan yang bergerak pada kegiatan pembesaran ikan sampai pada ukuran ukuran konsumsi dan kegiatan memproduksi benih ikan mulai dari pemeliharaan induk sampai tersedia benih ikan siap jual, usaha ini memerlukan media khusus maupun media yang sudah mendapat perlakuan khusus untuk dapat dijadikan tempat pemeliharaan ikan baik.
Sedangkan kegiatan usaha penangkapan ikan adalah usaha perikanan yangberusaha mengumpulkan ikan dan sejenisnya dengan menggunakan bantuan peralatan tertentu pada perairan umum maupun perairan laut untuk dapat dijual secara langsung maupun diolah menjadi bahan siap jual.

Beberapa potensi jenis usaha di bidang kelautan dan perikanan adalah sebagai berikut :

1. Investasi usaha budidaya ikan di kolam.
Investasi penambahan nilai menjadi industry pengolahan ikan terpadu, makanan olahan berbahan baku ikan. Kapasitas usaha saat ini untuk budidaya ikan di tambak adalah seluas 128,04 ton dengan potensi kapasitas yang masih bias di dikembangkan. Lokasi sentra budidaya ikan di tambak adalah di Kecamatan Alasa, Namohalu Esiwa, Sawo dan Lahewa.

2. Investasi usaha budidaya ikan di keramba.
Kapasitas usaha saat ini untuk budidaya ikan di keramba adalah seluas 1,38 ton dengan potensi kapasitas yang masih bias di dikembangkan luasannya. Lokasi sentra budidaya ikan di keramba adalah di seluruh Kecamatan

3. Investasi usaha budidaya ikan di jala apung.
Kapasitas usaha saat ini untuk budidaya ikan di jala apung adalah seluas 6,79 ton dengan potensi kapasitas yang masih bisa untuk dikembangkan. Lokasi sentra budidaya ikan di jala apung adalah di seluruh Kecamatan.

4. Investasi usaha perikanan laut.
Investasi usaha perikanan laut menjadi pengolahan hasil laut/makanan olahan, ekspor hasil laut dan pengembangan pengandaan alat tangkap ramah lingkungan.

19.png 

16.png 


17.png 

18.png 

 

Daftar Permohonan

Permohonan Diterbitkan

Permohonan Belum Diambil

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan website DPMPPTSP ini?

  • Bagus – 3 Votes
    100%
  • Sedang – 0 Votes
    0%
  • Kurang Bagus – 0 Votes
    0%
Total votes: 3

Survey 1

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

  Lihat Hasil